/  Tugas Kuliah  /  Semester 5  /  APSI  /  Kuis Apsi 1 – Sistem Informasi Lazada.co.id
APSI, Semester 5, Tugas Kuliah

Kuis Apsi 1 – Sistem Informasi Lazada.co.id

  • 107 Views
Kuis Apsi 1 – Sistem Informasi Lazada.co.id
21

masamalas.com – Kuis Apsi 1 – Sistem Informasi Lazada.co.id. LAZADA Indonesia adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga.

Bag. 1, 2 dan 3: Identifikasi Teknologi Informasi dan Sistem Informasi LAZADA

LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara Grup LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA Filipina. Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal), dll

Penjualan dalam LAZADA lebih berfokus kepada B2C (Biusiness to costumer ) diman target pemasaran perusahaan adalah pembeli individu . LAZADA lebih berfokus kepada penjualan produk elektronik , buku, software, perlengkapan otomotif, perlengkapan rumah tanggaserta sejumlah aksesoris, produk kecantikan dan kesehatan.
Salah satu keunggulan yang di berikan LAZADA adalah layanan antar gratis di wilayah jakarta mengandeng GOJEK dan sistem COD ( cash on delivery ) untuk wilayah jakarta. Perusahaan juga menyediakan costumer service . layanan konsumen berlaku pukul 09.00 – 20.00 untuk hari senin – jum’at dan pukul 09.00 – 17.00 untuk hari sabtu , minggu & hari libur.

Produk yang disediakan dalam LAZADA :

• Handphone & tablet
• Kesehatan & kecantikan
• Fashion
• Mainan & bayi
• Kamera
• Komputer & laptop
• Elektronik rumah tangga
• Jam tangan, kaca mata & perhiasan
• Peralatan rumah tangga
• Peralatan elektronik
• Tas & koper , voucher
• Otomotif, groceries, buku, games, & musik
• Olahraga & outdoor

Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang ada di Lazada.co.id :

Hardware: Komputer sebagai Server. Komputer untuk kantor dan pegawai

Software: Merupakan software yang digunakan untuk membuat Lazada, digunakan untuk Eksekutif dan Manager, Penjual dan pembeli, dalam kasus ini merupakan Aplikasi Web dan Mobile Apps dari Lazada sendiri, Aplikasi Android / IOS untuk kelas manager dan eksekutif, aplikasi standar untuk penjual dan pembeli.

People: Orang orang yang menggunakan produk Lazada adalah penjual dan pembeli, investor, owner.

Data: Data ada di perusahaan tersebut paling tidak memiliki data pemilik dan penjual barang, data transaksi, data pengiriman dan data penjualan sebagai penunjang kinerja bisnis. Untuk kelas eksekutif akan memiliki data untuk memonitor kinerja keseluruhan dan adapula data untuk investor

Network: Meliputi jaringan yang digunakan oleh Lazada.co.id, dalam hal ini arsitektur teknologi dan jaringannya.

Process: Umumnya berbentuk operasi dan proses transaksi baik masuk maupun keluar dari database baik database bank maupun database perusahaan. Semisal proses pembayaran, proses pengiriman barang, proses input data.

 Sistem Pembelian dalam LAZADA

sistem pembelian

Metode Pembayaran
visa, mastercard, cash on delivery, bca klikpay, mandiri clickpay.

metode pembayaran

 

Transaksi didalam LAZADA dapat menggunakan e- credit cards sebagai alat pembayaran . sistem pembayaran pertama melalui e-credit cards yang dapat dilakukan melalui kartu kredit yang dikeluarkan oleh Visa dan Master Cards.

Sistem pembayaran yang kedua adalah bank transfers , dimana pembeli dapat menggunakan sistem transfers melalui dua rekening yaitu bank BCA dan bank Mandiri. LAZADA juga memberi kemudahan bagi pembeli dari jabodetabek secara umumnya dan jakarta secara khusunya dapat dilayani dengan sistem Cash on Delivery.

Sistem Pengiriman Barang

Lazada Indonesia dapat mengirimkan ke semua wilayah Indonesia. Kami bekerja sama dengan 5 perusahaan logistic: JNE, RPX, First Logistic, Pandu Logistic dan TIKI dan kami juga memiliki kurir internal sendiri yaitu Lazada Express (LEX) untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Dalam hal ini lazada bekerja sama dengan Logistik tersebut termasuk dalam hal sistem pengirimannya seperti pemanfaatan API.

jasa pengiriman

Layanan LAZADA :

Bayar di Tempat

Bayar di Tempat merupakan layanan metode pembayaran di mana pelanggan dapat membayar barang yang dipesan kepada kurir saat mereka menerima barang pesanan mereka. Layanan Bayar di Tempat dapat dilakukan di kota- kota besar di Indonesia

Pengembalian Barang dalam 14 Hari

LAZADA Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuaian barang pesanan. Pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut

Gratis Ongkos Pengiriman

Kini LAZADA Indonesia memberikan gratis ongkos pengiriman di Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum akumulasi pembelian sebesar Rp 200.000.

Program Cicilan 0%

LAZADA menawarkan sistem cicilan dengan bunga 0% untuk berbelanja produk-produknya. Sistem cicilan ini memiliki jangka waktu cicilan selama 3 bulan dan 6 bulan, untuk semua produk yang ada di Lazada dengan minimum pembelian sebesar Rp 1.000.000,-. Bank yang telah berkerja sama dengan LAZADA adalah: BCA, Bank Danamon, BII, dan Standard Chartered Bank. Setiap pelanggan yang melakukan pembelian dengan menggunakan kartu kredit dari bank yang menjadi partner LAZADA dapat mengikuti program angsuran ini.

Pre-order Product

LAZADA menjual beberapa produk dengan permintaan yang tinggi bahkan sebelum produk tersebut dirilis dengan metode pre-order. Produk ini sudah terlebih dahulu populer dan ditunggu-tunggu oleh banyak pembeli di Indonesia, dan Lazada memberikan fasilitas pre-order sehingga pelanggan Lazada dapat memiliki produk ini pertama kali tanpa repot mengantri atau berebutan dengan pembeli lain.

Mastercard Monday

LAZADA memiliki program promosi mingguan bernama Mastercard Monday. Dalam program ini, setiap pelanggan yang memiliki kartu kredit MasterCard akan mendapatkan potongan harga 10% untuk setiap jenis barang di berbagai kategori. Diskon ini hanya ada di hari Senin apabila melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit MasterCard dengan minimal pembelanjaan Rp 800.000. Pembelanjaan di LAZADA menggunakan kartu kredit MasterCard ini juga mendapatkan cicilan dengan bunga 0%.

Online Revolution 12.12.12

LAZADA mengadakan event diskon yang diselenggarakan pada tanggal 12 Desember 2012 (12.12.12) dengan tajuk Online Revolution 12.12.12, Online Shopping Is The Future. Event promo yang diprakarsai oleh Lazada ini juga diikuti oleh beberapa raksasa-raksasa e-commerce tanah air, yaitu Zalora.co.id, Plasa.com, Fimelashop.com, Fazzione.com, Foodpanda.com, BerryBenka.com, PinkEmma.com, damniloveindonesia.com dan Bilna.com.

Di tiap jamnya, LAZADA memberikan penawaran diskon dan mengumumkan waktu kapan tepatnya melalui jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dengan tagar #1212Sale untuk sehingga pelanggan disarankan untuk selalu memantau saluran media sosial milik Lazada untuk mengikuti produk mana yang tengah memiliki penawaran atau diskon.

Program Promosi Lainnya

LAZADA juga terus mengadakan program promosi tematik lainnya secara mingguan, pada hari raya, hari besar Nasional, atau peristiwa-peristiwa khusus seperti Christmas Sale, New Year New Look, Sale Imlek, Bersih-bersih Banjir, Flash Sale, dan Belanja Akhir Minggu (BAM!)

Jenis Produk

LAZADA Indonesia memiliki pilihan produk mulai dari elektronik, gadget IT, peralatan eletronik rumah tangga, alat kesehatan dan kecantikan, buku, CD musik, mainan anak-anak, peralatan bayi, perlengkapan traveling, dan olahraga. Kini Lazada juga mulai merambah produk fashion seperti pakaian, tas, dan aksesoris.

Bag. 4 : Sistem Informasi berdasarkan Klasifikasi O’Brien

Bag. 5 :  mapping klasifikasi sistem informasi tersebut ke dalam Piramida Penggunanya.

Pengembangan sebuah perusahaan tidak terlepas dari adanya 4 komponen utama sistem informasi, yakni:

  • Transaction Process System,
  • Management Information System,
  • Decision Support System, danManagement Information System
  • Executive Information System.

Dalam case study lazada.co.id, berikut ini merupakan analisis sistem informasinya :

  1. Transaction Process System adalah sistem informasi yang mengatur segala bentuk proses transaksi antara pemilik perusahaan dengan target konsumen. Biasanya, dalam sebuah perusahaan, digunakan customer support atau kasir atau karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tersebut. Pada lazada.co.id, Transaction Process terdapat pada aplikasi dari lazadaapps yang berinteraksi langsung dengan penggunanya dengan beberapa fitur-fitur yang ditawarkan untuk dibuatkan transaksinya. Sementara sistem dari Transaction Process di handle oleh customer service, yang bertugas menangan masalah dari customer dan merupakan pihak yang akan berinteraksi langsung dengan customer.
  2. Management Information System adalah sistem informasi yang menyediakan / memberikan laporan detail kepada pihak manajemen. Laporan ini berguna untuk efisiensi dalam Transaction Process System. Di lazada, Management Information System terdapat pada laporan data dari Customer Service kepada atasan bidang atau supervisor. Laporan yang dikeluarkan dapat berupa statistik dan data pemesanan selama kurun waktu tertentu atau kinerja/review dari karyawan karyawan yang ada.
  3. Decision Support System ialah sistem informasi yang menggunakan data khusus yang mendukung Executive Support System (EIS) dalam pengambilan sebuah keputusan untuk meningkatkan efisiensi dari perusahaan.Decision Support System pada lazada.co.id menggunakan data khusus yang didapatkan dari pengumpulan data untuk memberikan saran keputusan berupa ekspansi produk, penambahan fitur fitur / layanan dan atau tentang kerjasama dengan mitra penjual yang berada di lazada.co.id.
  4. Executive Information System adalah bagian tingkat tertinggi dari sistem informasi suatu perusahaan yang berperan pada pembuatan kebijakan baru, mengesahkan kebijakan baru, serta mengeksekusi kebijakan tersebut.Di LAZADA, Komisaris Utama merupakan bagian dari Executive Information System. Sesuai tugasnya sebagai pembuat kebijakan, dan Pendorong terlaksananya implementasi good corporate govermence.

 

Demikian Artikel kali ini 🙂

Jangan lupa baca juga ya :

Tugas APSI 1 – Analisis Sistem Informasi pada Tokopedia

Tugas APSI 2 – Process Control System

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *