/  Artikel Bebas  /  Mengenal Istilah Microsoft Azure
Artikel Bebas, Microsoft, Technology

Mengenal Istilah Microsoft Azure

  • 352 Views
Mengenal Istilah Microsoft Azure Microsoft Azure
I like it

Halo teman-teman, pernahkah kalian mendengar istilah Windows Azure? Yups, Windows Azure atau yang biasa dikenal Microsoft Azure adalah sebuah teknologi milik Microsoft yang bergerak di bidang Cloud Computing dalam mengimplementasi IaaS dan PaaS. Bagi kalian yang belum mengetahui tentang Cloud Computing silakan baca artikel tentang Cloud Computing DISINI. Singkatnya, Microsoft Azure adalah kumpulan layanan terintegrasi yang terus berkembang – yang terdiri dari compute, storage, data, networking, dan aplikasi – keseluruhan layanan itu dapat membantu Anda bergerak lebih cepat, melakukan lebih banyak hal, dan menghemat uang.

  1. Compute : Merupakan bagian dari teknologi Windows Azure yang berguna dalam proses komputasi, baik secara foreground maupun background job (berjalan di belakang layar). Compute tools dari Windows Azure diantaranya adalah web role, worker role, dan virtual role.
  2. Storage : Merupakan bagian dari teknologi Windows Azure yang berguna dalam proses penyimpanan data. Terdapat dua jenis storage dalam Windows Azure, yang pertama adalah Azure Storage yang berguna untuk penyimpanan data yang berbentuk table, cloud, dan blob. Sementara itu, bentuk storage lainnya adalah SQL Azure yang merupakan versi SQL Server yang berjalan di cloud.
  3. Fabric : Merupakan bagian yang berguna sebagai “otak” dari teknologi ini. Proses ini diatur oleh Windows Azure Fabric Controller yang berguna dalam proses scheduling, resource allocation, dan management.
1. Gambaran Compute, Storage and Network



Kelebihan Microsoft Azure

1. Azure adalah IaaS + PaaS
  • Azure adalah IaaS + PaaSAzure adalah satu-satunya platform cloud yang dinobatkan oleh Gartner sebagai pemimpin industri, baik dalam hal Infrastructure-as-a-Service (IaaS) maupun Platform-as-a-Service (PaaS). Gabungan dari layanan yang dikelola dan tidak dikelola (managed dan unmanaged) ini memungkinkan Anda membangun, menyebarkan, dan mengelola berbagai aplikasi dengan mudah untuk mencapai produktifitas yang tidak tertandingi.
Solusi Hybrid
  • Solusi HybridPenyedia layanan cloud lainnya seakan memaksa Anda memilih antara pusat data Anda sendiri dengan public cloud. Tidak demikian halnya dengan Azure. Solusi cloud hybrid dari Azure sudah terbukti mampu melayani kebutuhan enterprise. Oleh sebab itu dengan Azure Anda mendapatkansolusi yang terbaik sehingga Anda dapat mengembangkan pilihan IT Anda tanpa kompleksitas yang berarti. Dengan Azure, penyimpanan, backup, dan recovery data menjadi lebih efisien dan ekonomis. Anda juga dapat dengan lebih mudah membangun aplikasi yang dapat menjangkau on-premisedan cloud.

 

3. Terbuka dan Fleksibel
  • Terbuka dan Fleksibel : Azure mendukung semua jenis sistem pengoperasian, bahasa pemograman, berbagai piranti, dan framework – dari Windows hingga Linux, SQL Server hingga Oracle, C# hingga Java. Azure menyediakan ekosistem yang terbaik dari Windows dan Linux ke hadapan Anda, sehingga Anda dapat membangun aplikasi dan layanan terbaik yang dapat bekerja di semua perangkat.

 

4. Always Up, Always On
  • Always Up, Always OnAnda akan memiliki platform yang sama yang telah diuji untuk skala enterprise yang memampukan pengoperasian Skype, Office 365, Bing, dan Xbox dengan maksimal. Azure menawarkan 99.95% ketersediaan SLA, 24×7 dukungan teknis, serta proses monitoring terbaik sepanjang masa. Itulah sebabnya sampai saat ini lebih dari 57% perusahaan Fortune 500 mempercayakan layanan IT mereka kepada Azure. Mulai dari live streamingacara Olimpiade, hingga pertandingan game online dari berbagai pemain. Para pelanggan kami sudah melakukan berbagai hal yang luar biasa dengan Azure.

 

5. Ekonomis dan Terstruktur
  • Ekonomis dan TerstrukturAzure dapat dengan cepat menyesuaikan layanannya untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, jadi Anda hanya akan membayar sesuai dengan penggunaan. Azure dapat dibayar per menit dan mempunyai komitmen harga yang bersaing dalam layanan infrastruktur populer seperti compute, storage dan bandwidth. Berarti Anda akan senantiasa mendapatkan harga terbaik untuk performa tak tertandingi.

 

6. Ada dimana-mana
  • Ada dimana-manaAzure dijalankan di jaringan pusat data global yang dikelola oleh Microsoft di 19 wilayah di seluruh penjuru dunia. Hal ini memberikan Anda berbagai pilihan untuk menjalankan aplikasi dan memastikan pelanggan Anda selalu mencapai performa yang tinggi. Azure adalah penyedia layanan cloud multi-nasional pertama di daratan Cina dan tengah memperluas layanannya di berbagai wilayah di seluruh dunia.

 


Keuntungan Azure Bagi Bisnis
1. Azure memungkinkan penghematan
    1. AZURE MEMUNGKINKAN PENGHEMATAN : infrastruktur yang cepat dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Ketika bisnis Anda berfokus pada pencapaian profit, strategi yang digunakan adalah meningkatkan pendapatan dan menurunkan biaya operasional. Azure memiliki mekanisme Pay As You Go, dengan sistem billing per menit mampu membantu pengelolaan biaya. Fitur ini membantu Anda mengurangi modal awal investasi yang tinggi dan menggesernya menjadi biaya operasional. Azure tidak membebankan biaya pada pemasangan awal dan saat penghentian layanan.
2. Backup dan Recovery yang efisien
  1. BACKUP DAN RECOVERY YANG EFISIEN : Data sangatlah penting bagi sebuah organisasi. Backup dan recovery data merupakan tugas yang penting untuk mempertahankan keamanan data, akan tetapi tugas tersebut seringkali memiliki prosedur yang rumit. Layanan Backup oleh Microsoft Azure membantu melindungi data di server dari kehilangan dan kerusakan dengan solusi penggunaan yang mudah yang terukur, reliabel, dan didukung oleh penyimpanan cloud berskala enterprise. Solusi ini dapat meminimalisir investasi hardware, mengurangi penggunaan jaringan bandwidth yang membengkak, serta memberikan layanan perlindungan data yang hemat biaya. Layanan backup oleh Microsoft Azure juga dapat diintegrasikan dengan mudah di berbagai infrastruktur, mengurangi kerumitan dalam backup data dan tidak membutuhkan pelatihan penggunaan.

Layanan Azure

Layanan Azure

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Azure?

Yang bisa dilakukan dengan Azure
Sekian, penjelasan dari saya mengenai Microsoft Azure, nantikan artikel selanjutnya tentang Microsoft Azure lebih dalam lagi!
Semoga Bermanfaat!
Referensi :

Artikel ini ditulis dan dilengkapi dengan sertifikat MVA “Keamanan di Dunia Berbasis Cloud”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *