/  Artikel Bebas  /  Peran Fungsi Mahasiswa
Artikel Bebas

Peran Fungsi Mahasiswa

Peran Fungsi Mahasiswa Azis and friends Develope
I like it

masamalas.comPeran Fungsi Mahasiswa. Nah biasanya materi tentang Peran Fungsi Mahasiswa ini menjadi hal yang penting ketika kamu baru saja masuk menjadi mahasiswa korban bully baru di sebuah universitas, biasanya waktu kegiatan ospek bakal ada penugasan yang mewajibkan kalian ngerangkum tentang Peran Fungsi Mahasiswa, nah tujuan dari artikel ini yaitu membantu kalian para maba untuk merangkum Peran Fungsi Mahasiswa.

Materi yang akan saya berikan ini juga merupakan hasil tugas GERIGI ITS tentang Peran Fungsi mahasiswa, jadi dijamin bakal sesuai dengan kenginan maba yang lagi repot-repotnya tapi juga memenuhi syarat yang diberikan kakak-kakaknya. Artikel ini merupakan rangkuman dari hasil saya bertanya tentang Peran Fungsi Mahasiswa kepada mbah paling dahsyat sedunia. Nah berikut merupakan hasil tugas rangkuman Peran Fungsi Mahasiswa :

Peran Fungsi Mahasiswa

Mahasiswa, sekarang kita telah menjadi seorang mahasiswa, kita telah bertransformasi dari seorang siswa menjadi seorang mahasiswa. Pengertian mahasiswa menurut Wikipedia yaitu sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Sebagai seseorang yang menempuh pendidikan tinggi tentunya mahasiswa termasuk sebagai kaum intelektual. Sebagai kaum intelektual, mahasiswa memiliki peran yang cukup penting dalam masyarakat terutama dalam hal kenegaraan, peran tersebut sering disebut sebagai Peran Fungsi Mahasiswa.

Peran fungsi mahasiswa yang pertama yaitu menjadi seorang agent of change, mahasiswa sebagai agen perubahan diharapkan untuk bersifat kritis terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Mahasiswa dianggap masih memiliki idealisme yang menuntun ke arah kebenaran yang memberikan kebaikan bagi kepentingan bersama. Dengan idealisme tersebut, mahasiswa dianggap mampu mengkritisi dan mengubah kebijakan pemerintah yang memihak kelompok masyarakat tertentu sehingga nantinya dapat terjadi perubahan yang menjadikan Indonesia lebih baik di masa depan.

Social Control merupakan peran kedua yang diemban mahasiswa, yaitu mahasiswa diharapkan mampu mengendalikan keadaan sosial di lingkungan sekitarnya. Mahasiswa diupayakan agar mampu mengkritik, memberi saran, dan memberi solusi jika keadaan sosial bangsa mulai mengarah ke arah yang tidak sesuai dengan cita-cita dan identitas bangsa. Mahasiswa bertugas mengendalikan keadaan sosial masyarakat sekitar mereka supaya dapat tercipta keharmonisan yang membawa perubahan menuju keadaan yang lebih baik.

Generasi penerus atau Iron Stock merupakan peran ketiga mahasiswa. Tidak bisa dipungkiri bahwa pemimpin-pemimpin generasi sekarang nantinya akan berhenti memimpin bangsa ini. Mahasiswa diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan sekaligus akhlak yang mulia sehingga nantinya mahasiswa-mahasiswa sekaranglah yang akan menjadi pemimpin bangsa generasi berikutnya yang akan membawa bangsa menuju kondisi lebih baik.

Pada dasarnya peran fungsi mahasiswa yaitu sebagai agen yang memiliki tugas untuk membuat perubahan yang lebih baik untuk bangsa dan negara. Kita sebagai mahasiswa harus terus berjuang dengan keras sambil terus menanamkan peran fungsi tersebut dalam diri kita masing-masing supaya nantinya kita dapat memenuhi peran dan fungsi kita sebagai mahasiswa Indonesia, sehingga suatu hari nanti Indonesia dapat menjadi semakin baik di bawah kepemimpinan kita.

Nah itulah materi rangkuman peran fungsi mahasiswa yang dapat saya bagikan, apabila ada kritik atau saran dapat dicantumkan di kolom komentar, kritik dan saran anda sangat berharga, Terimakasih.

#masamalas.com ,DrShadow

2 comments on "Peran Fungsi Mahasiswa"

  1. Indonesia Banking School
    Reply

    terima kasih info tentang : Peran Fungsi Mahasiswasangat bermanfaat.
    semoga website ini terus menyajikan info, berita, dan artikel yang menarik dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *