/  Artikel Bebas  /  Pengertian Data Mining
Artikel Bebas, Data Mining, Technology

Pengertian Data Mining

Pengertian Data Mining
I like it

masamalas.com – Pengertian Data Mining. Di jaman informasi ini istilah Data Mining merupakan hal yang sering dibicarakan oleh banyak kalangan terutama dari para pengambil kebijakan yang membutuhkan informasi yang akurat dan dapat diandalkan. Kenapa seperti itu? Nah inilah tujuan artikel Pengertian Data Mining supaya semua orang mengerti tentang Data Mining.

Pertama kali saya mendengar tentang istilah Data Mining yaitu ketika sesi pengenalan tentang ITS, disitu tercantum bahwa ITS sering sekali menang pada Gemastik bidang Data Mining. Dari situ saya tertarik mempelajari Data Mining dan mendapat ilmu dari kakak-kakak di Club Data Mining Teknik Informatika ITS, nah di sini akan saya share tentang Data Mining, yang saat ini terfokus ke Pengertian Data Mining

pengertian data mining

PENGERTIAN DATA MINING

Pengertian Data Mining menurut buku Introduction to Data Mining oleh Pan-Ning Tan, Michael Steinbach, dan Vipin Kumar yaitu suatu teknologi yang menggabungkan metode analisis data tradisional dengan algoritma canggih untuk memproses data dalam volume yang besar. Nah yang dimaksud analisis data tradisional itu yaitu proses analisis data menggunakan ilmu statistika yang dilakukan secara manual, bayangkan saja jika kalian melakukan perhitungan statistika manual untuk jumlah data yang sangat besar pasti membutuhkan tenaga dan biaya ekstra untuk melakukannya.

Kenapa selalu disebut dalam pengertian data mining tentang data dalam jumlah yang besar? Perkembangan teknologi yang cepat dalam pengumpulan data memungkinkan suatu organisasi untuk mengumpulkan banyak data dari berbagai hal, contohnya dalam suatu pusat perbelanjaan modern kita dapat mengumpulkan data tentang berapa banyak jumlah pengunjung perharinya, berapa banyak jumlah barang yang terjual masing-masing jenisnya. Untuk jenis barang saja bisa ada ratusan ribu jenis barang, bayangkan jika tiap harinya data itu diproses manual oleh manusia, wah bisa mati pusing orangnya. Juga data yang dihasilkan website e-commerce, mana mungkin orang bisa memproses data website e-commerce apalagi yang trafficnya ratusan ribu per harinya, maka dari itu proses Data Mining mempermudah segalanya.

Data Mining dapat digunakan untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan seperti dalam bisnis yaitu untuk customer profiling, targeted marketing, work-flow management, layout toko, dan fraud detection, informasi tersebut juga membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan penting dalam bisnis seperti “Siapa pelanggan yang paling menguntungkan?” “Bagaimana prediksi penjualan di tahun depan?” pertanyaan seperti itu dapat dengan mudah dijawab dengan teknik asosiasi yang akan dibahas pada postingan selanjutnya. Data mining yang lebih kompleks juga dapat diaplikasikan dalam dunia obat-obatan, kesehatan, keteknikan dan sebagainya semua itu membutuhkan informasi yang didapat dari hasil pengolahan data.

Nah itulah sekilah tentang Pengertian Data Mining yang dapat saya berikan, apabila ada kritik atau saran dapat dicantumkan di kolom komentar, kritik dan saran anda sangat berharga, Terimakasih.

#masamalas.com ,DrShadow

VIVAT!!!

2 comments on "Pengertian Data Mining"

  1. Burritos
    Reply

    Keren yem.. Udah diajari apa aja lu

  2. nurul dini
    Reply

    Saya tertarik dengan tulisan diatas, saya juga memiliki tulisan serupa mengenai data mining , kunjungi balik ya disini Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *