/  Artikel Bebas  /  Panduan Membeli Laptop
Artikel Bebas

Panduan Membeli Laptop

  • 464 Views
Panduan Membeli Laptop
1

Masamalas.com Panduan Membeli Laptop. Sebelum membeli laptop, banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan. Jangan sampai setelah anda membeli laptop, kemudian menyesal karena ada orang lain yang membeli laptop dengan spesifikasi yang lebih baik, dan lebih murah daripada harga laptop yang anda beli.

Hal itu bisa saja terjadi karena kurangnya informasi tentang barang yang akan dibeli, dalam hal ini laptop, juga bisa saja karena anda telah termakan kalimat-kalimat dari penjual yang hanya ingin menghabiskan stok produk lama. Berikut adalah step-step yang anda bisa ikuti sebelum membeli laptop.

    1. Kegunaan Laptop

Tentukan laptop anda nanti akan digunakan untuk apa. Untuk desain kah? gaming? atau koding? Jika laptop akan digunakan untuk desain, game, develop apps/software, tentu anda akan memerlukan laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi untuk mendapatkan performa yang baik. Vga dedicated merupakan kewajiban dalam laptop jika memang anda ingin memainkan game game yang cukup berat dengan lancar.
Jika laptop akan anda gunakan untuk kebutuhan ringan misalnya : browsing sambil membuat laporan dan anda termasuk orang yang mobile, tentu laptop dengan daya tahan yang tinggi yang anda butuhkan.

    1. Tentukan Budget

Jika sudah menentukan kebutuhan anda, maka langkah selanjutnya adalah menentukan budget. Seberapa banyak uang yang akan anda keluarkan untuk membeli laptop? Jika sudah ditentukan maka carilah laptop dengan rentang harga yang sama dengan budget anda. Anda bisa melakukan survei harga di toko-toko online seperti Enterkomputer atau Bhinneka dan masih banyak situs lainnya.

    1. Pilih yang terbaik

Setelah menentukan laptop dengan harga yang sama, kemudian bandingkanBanyak faktor yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih laptop, seperti : spesifikasi, brand/merk, layanan purna jual, dan penawaran lain yang diberikan oleh penjual. Saya sendiri merekomendasikan untuk mengutamakan spesifikasi dari laptop yang akan ada beli agar laptop anda tetap bisa menjalankan program-program di tahun yang akan datang dengan lancar. Perhatikan prosesor, kemudian VGA (bila ada), RAM, serta media penyimpanan dari laptop (HDD atau SSD). Pastikan anda mendapatkan seri paling baru dari Prosesor dan VGA (bila ada).
Untuk prosesor, anda bisa melihat postingan saya tentang Roadmap dan cara membaca seri prosesor mobile dari intel.

laptop

Demikian step-step yang bisa anda ikuti sebelum membeli laptop. Semoga dapat membantu anda dalam menentukan pilihan. Saran saya, belilah sekarang jika anda memang membutuhkan. Karena jika menunggu teknologi terbaru sebelum membeli, maka itu adalah hal yang sia sia, karena teknologi akan selalu berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *